RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9 KTSP "Animals Map of Indonesia (Report-Reading) Semester 1
Silahkan download contoh RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9 KTSP "Animals Map of Indonesia (Report-Reading) Semester 1 ppt sebagai bahan tayang di bawah ini:
Salam
pendidikan.
Bahan ajar
memiliki fungsi strategis bagi proses pembelajaran yang dapat membantu guru dan
siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga lebih efektif dan efisien. Bahan
ajar juga dapat menggantikan sebagian peran guru dan mendukung pembelajaran.
Hal ini akan memberi dampak positif bagi guru, karena sebagian waktunya dapat
dicurahkan untuk membimbing belajar siswa. Dampak positifnya bagi siswa, dapat
mengurangi ketergantungan pada guru dan membiasakan belajar mandiri. Hal ini
juga mendukung prinsip belajar sepanjang hayat (life long education).
Fungsi
bahan ajar adalah sebagai motivasi dalam proses kegiatan belajar mengajar yang
lakukan oleh guru dengan materi pembelajaran yang kontekstual agar siswa dapat
melaksanakan tugas belajar secara optimal. Menurut Furqon (2009), bahan ajar
berfungsi sebagai berikut:
1) Pedoman bagi Guru yang akan
mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan
substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan/dilatihkan kepada siswanya.
2) Pedoman bagi Siswa yang akan
mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan
substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
3) Alat evaluasi pencapaian/penguasaan
hasil pembelajaran
4) Membantu guru dalam kegiatan
belajar mengajar
5) Membantu siswa dalam proses
belajar
6) Sebagai perlengkapan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pelajaran
7) Untuk menciptakan lingkungan /
suasana balajar yang kondusif
Tujuan
1) Menyediakan bahan ajar yang sesuai
dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan pesrta didik, yakni
bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial
peserta didik.
2) Memudahkan guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
3) Mambantu peserta didik dalam
memperoleh alternatif bahan ajar disamping buku-buku teks yang terkadang sulit
diperoleh.
Manfaat bagi Guru
1) Diperoleh bahan ajar yang sesuai
dengan tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
2) Tidak lagi tergantung kepada buku
teks yang terkadang sulit untuk dipeoleh.
3) Memperkaya karena dikembangkan
dengan menggunakan berbagai referensi.
4) Menambah khasanah pengetahuan dan
pengalaman guru dalam menulis bahan ajar.
5) Membangun komunikasi pembelajaran
yang efektif antara guru dan peserta didik karena peserta didik akan merasa
lebih percaya kepada gurunya.
Manfaat bagi Siswa.
1) Kegiatan pembelajaran menjadi
lebih menarik.
2) Kesempatan untuk belajar secara
lebih mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru.
3) Menadapatkan kemudahan dalam
mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya.
Prinsip-prinsip Pemilihan Bahan Ajar
1) Relevansi/Keterkaitan
Materi
pembelajaran hendaknya relevan atau ada kaitannya dengan pencapaian standar
kompetensi dan kompetensi dasar. Misalnya, jika kompetensi yang diharapkan
dikuasai siswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan
harus berupa fakta atau bahan hafalan.
2) Konsistensi/Keajegan
Jika
kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa empat macam, maka bahan ajar yang
harus diajarkan juga harus meliputi empat macam. Misalnya kompetensi dasar yang
harus dikuasai siswa adalah pengoperasian bilangan yang meliputi penambahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian, maka materi yang diajarkan juga harus
meliputi teknik penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
3) Kecukupan
Prinsip
kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu
siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu
sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang
membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika
terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya.
Semoga
bermanfaat.
ConversionConversion EmoticonEmoticon