RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 9 KTSP "Classificasion of Animals (Report-Writing)" Semester 1 ppt

RPP Bahasa Inggris SMP/MTS Kelas 9 KTSP 
"Classificasion of Animals (Report-Writing)" Semester 1 ppt

Silahkan download contoh RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 9 KTSP “Classificasion of Animals (Report-Writing)” Semester 1 ppt sebagai bahan tayang di bawah ini:




Salam pendidikan.


Bahan ajar memiliki fungsi strategis bagi proses pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga lebih efektif dan efisien. Bahan ajar juga dapat menggantikan sebagian peran guru dan mendukung pembelajaran. Hal ini akan memberi dampak positif bagi guru, karena sebagian waktunya dapat dicurahkan untuk membimbing belajar siswa. Dampak positifnya bagi siswa, dapat mengurangi ketergantungan pada guru dan membiasakan belajar mandiri. Hal ini juga mendukung prinsip belajar sepanjang hayat (life long education).

Fungsi bahan ajar adalah sebagai motivasi dalam proses kegiatan belajar mengajar yang lakukan oleh guru dengan materi pembelajaran yang kontekstual agar siswa dapat melaksanakan tugas belajar secara optimal. Menurut Furqon (2009), bahan ajar berfungsi sebagai berikut:
1)  Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan/dilatihkan kepada siswanya.
2)  Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
3)     Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran
4)     Membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar
5)     Membantu siswa dalam proses belajar
6)     Sebagai perlengkapan pembelajaran untuk mencapai tujuan pelajaran
7)     Untuk menciptakan lingkungan / suasana balajar yang kondusif

Tujuan
1) Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan pesrta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial peserta didik.
2)    Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
3)   Mambantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar disamping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh.

Manfaat bagi Guru
1)   Diperoleh bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
2)   Tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk dipeoleh.
3)   Memperkaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi.
4)   Menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar.
5)  Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dan peserta didik karena peserta didik akan merasa lebih percaya kepada gurunya.

Manfaat bagi Siswa.
1)   Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.
2) Kesempatan untuk belajar secara lebih mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru.
3)   Menadapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya.

Prinsip-prinsip Pemilihan Bahan Ajar
1)   Relevansi/Keterkaitan
Materi pembelajaran hendaknya relevan atau ada kaitannya dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Misalnya, jika kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta atau bahan hafalan.
2)   Konsistensi/Keajegan
Jika kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa empat macam, maka bahan ajar yang harus diajarkan juga harus meliputi empat macam. Misalnya kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa adalah pengoperasian bilangan yang meliputi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, maka materi yang diajarkan juga harus meliputi teknik penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
3)   Kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »